Ujian Komprehensif

Kira-kira sekitar beberapa hari yang lalu gue dinyatakan sebagai pengangguran haha alias baru aja dapat gelar ding (songong dikit nih, biar kalian termotivasi). Syukur Alhamdulillah akhirnya gue bisa kelar kuliah juga, rasanya emang masih gak nyangka sih, bahkan gue jadi bolak-balik ruangan biro buat ngecek gue benaran SE apa enggak haha. Sebenarnya gue belum di wisuda sih, wisudanya tanggal 27 Agustus 2016, kalian datang yaaa. Ini undangan lo, resmi!! ._.
jadi ya itu, gue belum di wisuda, gue baru aja kelar ujian komprehensif tanggal 18 Juli kemaren. Kalau di jurusan gue namanya ujian komprehensif, nah kalau di jurusan lain namanya di sidang gitu kan ya? Heheh Ujian komprehensif di jurusan gue ini, ujiannya lisan juga, tapi terkait semua pelajaran dari semester 1 hingga akhir, bukan terkait skripsi.
Mengenai ujian komprehensif, gue mau share ni pengalaman gue, sekalian ngasih tips-tips buat ngadapin dosen selama ujian dan biar gak tegang selama dikasi pertanyaan. Dan siapa tau bisa bermanfaat juga buat teman-teman yang mau sidang.
Waktu itu gue datang ke kampus tepat ketika jam operasional kampus dimulai. Emang sengaja sih, karena di jurusan gue emang gak dikasi jadwal jam berapa bakal ujiannya, jadi gue datang pagi-pagi aja, siapa tau kebagian ujian pagi. Pagi-pagi itu gue udah rapi dan pake wewangian alakadarnya alias gak  terlalu wangi, takutnya dosen-dosen penguji gak suka sama bau parfum gue.
Dan ternyata emang, baru nyampe kampus nama gue langsung di panggil. Gila aja kan, ketika masih berusaha ngumpulin nafas sehabis naik tangga dan lo lanagsung dipanggil dosen buat ujian komprehensif. Kagetnya emang na’uzubillah, jadi ya wallahu alam aja. Gue tarok tas, ngontrol nafas bentar, terus berusaha ngontrol senyum biar gak keliatan panik. Ingat! Kontrol senyumnya :)
Pas mau masuk ruangan dosen, katuk pintu dulu, disuruh masuk baru masuk, kasih senyuman ke dosen-dosennya, terus salamin, di suruh duduk baru duduk. Intinya jaga sopan santun aja sih, buat gimana caranya agar dosen terkesan pas pertama kali ngeliat.
Waktu udah duduk gue benaran panik bangat sih, di dalam hati udah berkecambuk, rasanya benaran mau nangis, gue takut bangat, sumpah. Walaupun face gue keliatan charming dan nyantai, tapi hati gue benaran gak tenang. Jadi selama hati gue gak tenang, gue sempatin diri buat baca-baca doa dan baca ayat pendek, minta ketenangan jiwa dan dipermudahkan lisan dalam berbicara. Tergantung kepercayaan masing-masing deh, intinya minta pertolongan ke Tuhan, karena semua yang terjadi itu kehendak Tuhan.
Pas dosen penguji gue memulai, syukur deh gue udah cukup rilex, walupun masih ada sisa-sisa paniknya. Waktu itu pertanyaan pertama dosen gue emang bikin gue nge blank, dan gue kejebak disana.

“Vella kenapa pilih jurusan akuntansi? Kan dulu waktu SMA jurusannya IPA”
Blank blank blank bangat, jadi gue asal jawab aja sih
“karena akuntansi bagus pak”
“haha yang spesifik dong, masa alasan masuk akuntansinya cuma gitu doang”

Dosen-dosen emang rada judes kalau ujian komprehemsif, karena disini emang sekalian tes mental sih. Jadi gue kasih senyum aja, sambil mikir, tapi gue emang gak bisa mikir jawaban yang berbobot, jadi gue langsung jawab sama jawaban yang terlintas di kepala gue.

“Kata abang saya akuntansi bagus, Pak. Prospek kerjanya bagus.”
“jadi habis tamat mau cari kerja ya?”
“Iya, pak”
“berarti Bapak tanya pertanyaan dari bidang yang kamu inginkan ya.”

Loh loh loh?? What? Emang yang gue mau apaan? Firasat gue emang gak enak deh disini, gue udah berasa trap. Dan ternyata emang iya dosen gue langsung nanya.
“PSAK yang mengatur perusahaan terafiliasi, PSAK berapa?”
Hah?! Gila gila, gue gak nyangka bakal ditanya yang beginian. Ibaratnya lo ditanya, Al-qur’an yang ngejelasin kisah nabi yusuf itu ada di surah berapa? Aduuuh, mulai mules gue. Jadi gue diam dulu, berusaha mikir, nyari jawaban, walaupun gue tau jawabannya gak bakal terlintas sama sekali di otak gue, karena emang, gue gak baca PSAK yang bagian sana. Jadi ya gue nyerah.
“gak tau, Pak” sambil senyum-senyum memelas.
Raut wajah bapaknya flat aja sih, rada serem. Trus gue langsung ditanya pertanyaan berikutnya.
“PSAK yang mengatur tentang kurs PSAK berapa?”
Aduuuh, masih PSAK ding. Gue pura-pura mikir dululah, trus baru jawab lagi..
“gak tau, Pak” tapi tetap sambil senyum memelas.
Karena gue gak tau, Bapak nya ngasi nasehat ke gue.
“Katanya mau cari kerja, berarti kerjanya di perusahaan-perusahaan. Masa kamu jadi akuntan, mau bikin laporan keuangan gak tau landasannya dan bla bla bla... terus gimana kamu menyajikan laporan keuangan? Apa itu PSAK yang mengaturnya, tau gak? Yang tentang penyajian laporan keuangan?”
Syukur alhamdulillah, yang ini gue tau jawabannya () Finally
“Tau pak, PSAK 1”
Trus bapaknya nasehatin lagi. Selama Bapak nya nasehatin itu ya harus didengarin, terus respon, sambil senyum-senyum mengakui kebodohan gitu.
Terus yaudah, gue ditanya-tanyain lagi yang lainnya, selama 1 ½ jam.
Selama di kompre, kalau gak tau jawabannya, ya bilang gak tau. Kalau tau jawabannya ya jawab. Kalau ragu-ragu ya dicoba aja dulu, karena kadang ada dosen yang berusaha mengarahkan jawaban-jawaban lo biar sesuai dengan jawaban yang benar, kayak dosen-dosen gue kemaren. Emang kenyataannya kita sering nge blank, sebenarnya tau, tapi lupa-lupa ingat, karena juga sekalian panik buat ngontrol diri dan jawaban. Jadi dosen-dosen gue selama kompre sering ngarah-ngarahin gitu, sampai bisa jawab, walaupun dengan raut wajah yang judes hahah bawa ketawa aja deh selama ujiannya.
Jadi ya intinya gini, gue rangkum ya di tips-tips ujian komprehensif/seminar hasil/sidang:
1.       Berusaha dan beroda. Belajar terus, dan rajin berdoa ke Tuhan, karena semua yang terjadi itu emang kehendak Tuhan. Trus miinta pertolongan untuk ketenangan jiwa dan dipermudahkan lisan dalam berbicara.
2.       Hubungan dengan manusia juga diperbaiki, kalau ada keluarga atau teman-teman yang selama ini pernah tersinggung karena sifat lo, ya minta maaf sama mereka. Langsung deh yang mau ujian, minta maaf ke keluarga dan teman-teman, sekalian minta doa ke mereka, jangan tunggu lebaran baru minta maaf haha.
3.       Persiapkan materi sebaik mungkin, perkirakan pertanyaan yang bakal ditanyain. Siap-siapin aja, jangan belajar alakadarnya, karena pertanyaan dosen gak segampang itu!
4.       Jaga sopan santun selama di ruangan dosen.
5.       Jangan keliatan panik, belajar ngontrol senyumnya, dan selama ujian bawa happy aja. Dosen judes, yaa happy aja, jangan takut.
6.       Percaya diri sama jawaban yang lo yakin betul, karena kadang dosen nguji-nguji jawaban lo. Yakin aja, walaupun ujung-ujungnya mungkin salah ahaha intinya percaya diri, karena soft skill juga dinilai disini.
7.       Sehabis dosen ngasih pertanyaan, lo mikir dulu, tau gak tau tetap harus mikir. Jangan keliatan sok pinter.
8.       Hati-hati dalam menjawab pertanyaan, karena kalau asal jawab lo bisa trap dan menimbulkan pertanyaan baru bagi dosen. Arahkan jawaban lo ke materi yang lo pahami, jangan kayak gue kemaren hahah.
9.       Jangan terlintas sedikit pun kata-kata tidak lulus, yakinkan dalam hati kalau lo bakal lulus, karena ini bagian dari motivasi. Waktu SMA guru gue pernah bilang, kekuatan pikiran itu luar biasa. Tanamkan aja dalam hati “SAYA BAKAL LULUS UJIAN ...TANGGAL ... “ sebutin aja tanggalnya, doa itu emang harus spesifik. Dan dari SMA sampai sekarang, apa yang gue fikirkan dan gue yakinkan emang benaran terjadi. Alhamdulillah.
Gue rasa cuma itu doang, semoga bermanfaat. Good Luck yaaa..



2 komentar:

 
zwani.com myspace graphic comments

Please click

Twitter Update